TGIF PPIH Agustus ‘Mempersiapkan Pendakian Fuji-San’

Setelah absen selama dua bulan, TGIF PPIH kembali hadir di bulan Agustus 2019. TGIF kali ini sekaligus menjadi edisi terakhir untuk kepengurusan 2018-2019. Tema dari TGIF kali ini merupakan persiapan pendakian Gunung Fuji. Tema ini dipilih karena memang Pendakian menuju puncak Gunung Fuji hanya dibuka pada saat musim panas, tepatnya 1 Juli hingga 10 Agustus, dan juga atas request khusus teman-teman PPIH di Hiroshima City yang akan berangkat kesana. Kegiatan ini dihadiri oleh tujuh orang yang dipandu oleh Firly Baskoro dan Gillang Gusti. Informasi mengenai persiapan pendakian Gunung Fuji yang dibagikan diantaranya berupa informasi umum mengenai Gunung Fuji, transportasi kesana dari Hiroshima, rute pendakian, biaya, serta persiapan-persiapan yang perlu dilakukan sebelum keberangkatan. Kegiatan lalu diakhiri dengan sesi diskusi dan foto Bersama.

Suasana Diskusi TGIF

Gunung Fuji merupakan gunung tertinggi di Jepang dengan ketinggian 3776 mdpl. Gunung ini terletak di perbatasan Prefektur Yamanashi dan Prefektur Shizuoka. Selain sebagai gunung api aktif yang menjadi gunung wisata, gunung ini juga dianggap sakral oleh masyarakat Jepang. Status Gunung Fuji sebagai gunung wisata membuat jalur pendakiannya terkelola dengan baik. Walaupun begitu, pendaki tetap dihimbau untuk berhati-hati terutama jika hujan turun karena medan pendakiannya yang kering dan berbatu, ditambah suhu dingin di puncak yang bisa mencapai kurang dari 0oC. Pada umumnya, pendakian menuju puncak Gunung Fuji dimulai dari 5th Station di masing-masing jalur pendakian. Pembayaran biaya pendakian sebesar JPY 1000 bisa dilakukan di tempat yang sama dengan bonus berupa souvenir ukiran kayu.

Suasana Diskusi TGIF (2)

Moda transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Gunung Fuji bermacam-macam, mulai dari bus, kereta, hingga pesawat terbang, tergantung pada checkpoint yang dituju (Tokyo, Kyoto, atau Mishima) dan anggaran masing-masing. Terdapat juga banyak opsi untuk menuju Gunung Fuji dari setiap checkpoint tersebut, salah satu opsi yang paling populer adalah bus (http://www.fujikyu.co.jp/en/). Rute Pendakian Gunung Fuji dibagi menjadi 4, Yoshida Trail (rute paling populer), Subashiri Trail (rute dengan akses termudah kedua), Gotemba Trail (rute terpanjang), dan Fujinomiya Trail (rute dengan titik start pendakian tertinggi).

Berbeda dengan di Indonesia, pendaki di Gunung Fuji dilarang mendirikan tenda di sepanjang jalur pendakian. Sebagai gantinya telah banyak disediakan mountain hut atau penginapan di puncak gunung di sepanjang lereng Gunung Fuji. Penginapan-penginapan ini bisa dipesan jauh-jauh hari melalui telfon ataupun melalui online form (https://www.jnto.go.jp/eng/arrange/travel/practical/pdf/Mt.Hut_Mt.Fuji.pdf). Harga sewa penginapan ini berkisar antara JPY 5000-8000 untuk setiap orang per malamnya dengan tambahan sarapan atau makan malam seharga JPY 1000. Biaya total pendakian dari Hiroshima secara umum berkisar di range JPY 40000-50000, tapi tidak menutup biaya yang lebih mahal dari itu tergantung pada rencana keseluruhan perjalanan.

Foto Bersama di Penghujung Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *