Semarak Olahraga Agustusan di Hiroshima

Alhamdulillah segala puji dan syukur mari kita panjatkan kepada tuhan yang maha esa Allah SWT, karena atas berkat dan rahmatnya kegiatan tahunan PPIH semarak olahraga dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI ke 74 berhasil di selenggarakan. Meskipun acara pembukaan semarak olahraga ini terlambat beberapa saat, namun pembukaan bisa berjalan dengan cukup khidmat.

Para peserta berkumpul di tengah lapang eastgym, menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Salah satu hal yang bersejarah dalam semarak olahraga kali ini adalah launching untuk pertama kalinya lagu PPI Hiroshima yang diciptakan oleh Bapak Subaedy yang berjudul “Tunggu Aku Kembali”.

Launching Lagu PPI Hiroshima

Cabang olahraga yang dipertandingkan dalam kegiatan semarak olahraga kali ini adalah, Futsal, Basket dan Badminton. Setelah acara pembukaan selesai, para peserta mengambil kertas undian untuk  pembagian grup dalam kegiatan olahraga kali ini. Cabang olahraga yang dipertandingkan pertama adalah olahraga futsal.  Para peserta sangat antusias dalam menyambut pertandingan futsal,  kekuatan tiap tim pun berubah dikarenakan banyak nya orang Indonesia yang sudah kembali ke tanah air. Pertandingan berlangsung dengan sangat menarik, dan para peserta pun melaksanakan pertandingan dengan fair play. Saat pertandingan futsal tengah berlangsung, ada beberapa masalah yang terjadi dikarenakan salah paham dan kurangnya komunikasi dengan peserta mengenai peraturan yang ada.  Hal ini menjadi bahan evaluasi bagi kami agar dalam pelaksanaan selanjutnya hal yang sama tidak terjadi kembali.

Setelah cabang olahraga futsal dilaksanakan, selanjutnya cabang olahraha bulu tangkis dan basket 3 on 3 dilaksanakan secara bersamaan. Pertandingan cabang olahraga bulu tangkis sedikit mengalami perubahan sistem kompetisi yang asalnya berbentuk grup, menjadi sistem gugur dikarenakan ada salah paham mengenai jumlah pendaftar peserta bulu tangkis antara panitia. Namun meskipun sistem kompetisi nya berubah, namun tidak mengurangi keseruan pertandingan cabang olah raga bulu tangkis ini.

Sikap Fair Play setelah Pertandingan Badminton

Di sisi lapang yang lain, pertandingan basket 3 on 3 pun dilaksanakan. Dalam pelaksanaan sebelumnya terdapat cabang olahraga tenis meja, namun dalam pelaksanaan kali ini cabang olahraga tenis meja diganti oleh cabang olahraga basket dikarenakan melihat antusias pertandingan sebelumnya, cabang olahraga basket cukup meriah.

Pertandingan Basket 3 on 3

Selain pertandingan olahraga, sama seperti tahun sebelumnya kegiatan kali ini pun dimeriahkan dengan bazaar masakan nusantara. Salah satu yang ditunggu tunggu oleh masyarakat Indonesia karena bisa mengobati kerinduan akan masakan Indonesia selama berada di Jepang.

Bazaar Makanan Indonesia

Kegiatan berjalan dengan meriah, meskipun terdapat beberapa kendala namun secara keseluruhan rangkaian acara bisa berjalan dengan baik dan berakhir sesuai jadwal.

Terakhir, selamat untuk para juara dalam kegiatan semarak olahraga PPIH tahun 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *