Cooking Class for Japanese

Konnichiwa!

Apa kabar teman-teman? Semoga teman-teman dalam keadaan sehat ya. Semoga juga teman-teman yang melaksanakan ibadah puasa diberikan kelancaran. Btw kami akan sharing mengenai acara cooking class yang dilaksanakan bulan April lalu. Mudah-mudahan teman-teman yang sedang puasa tidak tergoda ya 😀

Berawal dari keinginan masyarakat Jepang untuk mengenal tentang kekhasan budaya Indonesia, Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang Komisariat Hiroshima (PPIH) dan Persatuan Ibu-Ibu Saijo (PIS) berkolaborasi untuk membantu Hiroshima Global Platform (Sotokara) mencapai tujuan tersebut. Tujuan ini terwujud dalam acara yang diselenggarakan Satu, 14 April 219 lalu di Hiroshima City

Inti utama dari acara ini adalah mengenalkan makanan khas Indonesia dan makanan halal kepada peserta, yang merupakan warga Jepang. Dalam acara ini, PPIH dan PIS hanya memberikan tenaga dan membantu Hiroshima Global Platform (Sotokara). Tempat dan peserta acara merupakan tanggung jawab penuh dari Hiroshima Global Platform (Sotokara).

Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 13 April 2019 di Gedung Luminous Mikawacho, Hiroshima City. Ruangan apartemen di gedung ini disulap selayaknya dapur dalam acara memasak yang sangat memadai.

Dalam acara ini, Teh Sari selaku narasumber utama didampingi oleh Ibu Betty Diana dan Ibu Abuela. Makanan yang dimasak, disajikan, dan dihidangkan pada acara ini diantaranya adalah Soto Betawi, Perkedel Kentang, Acar, dan Kue Talam Labu Kuning.

Resep Masakan yang Disajikan

Selain cooking class, kami dari perwakilan PPIH juga mempresentasikan sekilas mengenai Indonesia dan budaya nya kepada para peserta yang hadir. Ternyata banyak sekali peserta yang tertarik dengan Indonesia bahkan ada yang sudah pernah beberapa kali mengunjungi Indonesia.

Sambil menunggu masakan matang, kami mengajak para peserta untuk bermain angklung. Walaupun hanya mengenalkan angklung yang sederhana, namun mereka sangat antusias dalam memainkan angklung tersebut.

Hasil Akhir Masakan

Peserta Berpartisipasi dalam Memasak

Keseruan Pengenalan Budaya Khas Indonesia
Makan siang bersama

Acara cooking class yang dimulai dari pukul 11:30-13:30 ini diakhiri dengan acara santap siang bersama  hasil masakan kami yang tentu saja rasa nya lezat.Tidak terasa waktu sudah menunjukan pukul 13:30 itu saat nya kami semua harus mengakhiri acara ini. Memang persiapan nya cukup melelahkan tapi berkat kerjasama dan kekompakan tim acara berjalan dengan lancar. Perut kenyang, hati senang 😀

Semoga dengan terselenggaranya acara ini, persatuan antar bangsa dapat semakin erat dan dapat berlanjut ke acara-acara lintas kebudayaan lainnya.

Sampai jumpa di kegiatan-kegiatan PPIH lainnya! Salam!

 

#CookingClass
#PPIHBersahabat
#BersamaBersinergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *