KELAS FOTOGRAFI DAN VIDEOGRAFI PPIH FEBRUARI

Fotografi dan videografi mempunyai daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Banyak diantara mereka yang menjadikannya sebagai hobi, pengisi waktu luang, atau bahkan tidak sedikit pula yang menjadikannya sebagai sarana menghasilkan pundi-pundi uang. Berbagai kalangan pun, dari kawula muda hingga tua, sangat menyukai kegiatan-kegiatan tersebut terutama fotografi termasuk para warga baik nonpelajar maupun pelajar yang ada di Hiroshima. Oleh karena itu, untuk mewadahi minat mereka, Divisi Minat dan Bakat PPIH mengadakan Kelas Fotografi dan Videografi #1.

Kelas Fotografi dan Videografi yang dilaksanakan pada hari Senin, 11 Februari 2019 di IDEC ruang 806 ini merupakan kelas pembuka dimana para peserta belajar mengenai teknik dasar fotografi dan videografi. Kedua kelas tersebut diadakan secara terpisah namun dibersamai oleh tutor yang sama yaitu Saudara Wanda P. Reysandi. Kelas pertama adalah Kelas Fotografi yang dimulai pukul 10.15-12.15 dan dilanjutkan dengan Kelas Videografi yang dimulai pukul 13.00-15.00. Masing-masing kelas diikuti oleh 13 peserta.

Tutor sedang menyampaikan materi

Tutor menyampaikan materi yang dilanjutkan dengan tanya jawab dan diikuti oleh praktik langsung mengenai materi yang disampaikan. Ada empat poin penting yang disampaikan di Kelas Fotografi yaitu triangle photography (ISO, F/Aperture, dan Shutter Speed), lighting (front, side, backlighting, dan lighting source), komposisi (angle dan framing position), dan editing (contrast, texture, dan tone). Sedangkan untuk Kelas Videografi, terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan video yaitu pre-produksi (story telling), pada saat produksi (moving dan angle), dan editing (cut to cut dan colouring).

Praktek fotografi

Kelas Fotografi dan Videografi yang selanjutnya akan dilaksanakan di luar ruangan dimana peserta akan langsung praktik “hunting” foto dan video di sekitar area Hiroshima University. So, nantikan dan ikuti kelas berikutnya ya.

Para peserta berfoto di akhir kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *