Kuliah Umum PPIH – Land Development in Indonesia

Persatuan Pelajar Indonesia – Hiroshima (PPIH) melakukan kegiatan dibidang pengembangan akademik berupa kuliah umum dengan tema Land Development in Indonesia. Sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai Land Development / Pengembangan lahan khususnya di Indonesia, serta sebagai wadah untuk saling bertukar pikiran dan pendapat. Adapun materi kuliah tamu ini dipaparkan oleh Bapak Prof. Ir. Haryo Winarso, M.Eng., Ph.D.

Pembukaan Kuliah Umum oleh Ketua PPI Hiroshima, Firly Baskoro.

Kegiatan kuliah tamu ini dihadiri oleh Mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Hiroshima, registrasi dimulai pukul 18.30 JST hingga pukul 19.00 JST dan dihadiri oleh kurang lebih 30 orang mahasiswa. Setelah registrasi, kegiatan dilanjutkan dengan Opening Ceremony berupa pengenalan singkat mengenai latar belakang dan data diri singkat mengenai narasumber dan sambutan oleh Ketua PPIH, Sdr. Firly R Baskoro.

Narasumber Kuliah Umum, Prof. Ir. Haryo Winarso, M.Eng., Ph.D., sedang memaparkan materi.

Kuliah tamu diawali dengan penjelasan mengenai jumlah populasi di beberapa negara berkembang yang semakin meningkat setiap tahunnya dan banyaknya pihak – pihak swasta yang melakukan pembangunan yang tidak merata sehingga masih banyak masyarakat menengah ke bawah yang tidak mendapatkan tempet tinggal yang layak akibat pemanfaatan lahan yang kurang efisien. Bentuk perencanaan pengembangan lahan yang memberikan kebebasan bagi pihak swasta untuk mendikte pembangunan akan menyebabkan segresi antara masyarakat menengah ke bawah dan masyarakat menengah ke atas dan berdampak pada berkembangnya social dualism. Dengan adanya kebebasan pengembangan lahan oleh pihak swasta memberikan dampak pembangunan yang tidak merata karena pendekatan yang dilakukan tidak memperhitungkan dengan baik antara variasi permintaan pemakai dan permintaan investor, spekulasi dalam real estate, dan segresi antara kaya dan miskin, selain itu dominasi kelas yang menyebabkan kelompok miskin yang teralienasi dari fasilitas perkotaan yang layak. Selama pemaparan materi kuliah berlangsung narasumber juga memberikan penjelasan mengenai kritik terhadap perencanaan kota yang kapitalik, pengembangan lahan dan perumahan di Indonesia, pengembangan lahan yang berpotensi mendapatkan profit (keuntungan), potensi konflik dan pentingnya kehadiran negara akibat adanya pengembangan, serta pengembangan lahan dan perumahan yang berpihak pada masyarakat miskin. Setelah pemaparan materi, peserta yang hadir dapat memberikan pertanyaan dan pendapat mengenai materi yang telah diberikan oleh narasumber.

Penyerahan sertifikat kepada narasumber.

Kuliah tamu ini diakhiri dengan pembacaan do’a Bersama yang dipimpin langsung oleh Ketua PPIH, penyerahan cenderamata dan setifikat kepada narasumber, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Foto bersama narasumber dan peserta kuliah umum.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *