Pelesir Gamer: Hiroshima City

(Artikel ini pertama kali terbit bulan Maret 2013 dan telah diperbaharui pada hari Jumat, 24 Februari 2017. Beberapa informasi terbaru yang relevan telah ditambahkan, sehubungan dengan terbitnya Sony Playstation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch serta muncul dan hilangnya beberapa toko game di lingkungan Hiroshima City)

Bila kebetulan Anda sedang berada di Hiroshima City (kalau lagi pendidikan ya bukan kebetulan namanya) dan hasrat Anda untuk memiliki sebuah perangkat elektronik khususnya video game sangat bergejolak, tentu Jepang merupakan surga untuk urusan yang satu ini.

Hiroshima tentu tidak seheboh Tokyo dengan Akihabara-nya yang penuh dengan berbagai opsi belanja video game baik jaman sekarang maupun jaman lawas (kaset-kaset Nintendo 8-bit bececeran dengan harga sekitar 300 ¥!). Tapi jangan kuatir, bagi Anda yang kadung terjebak di salah satu kota di ujung pulau Honshu ini masih ada harapan untuk memenuhi hasrat bermain video game. Atau menabung agar Anda bisa ke Tokyo. Atau beli rumah.

Sebelumnya perlu diketahui beberapa istilah terkait video game, dalam rangka Anda ingin sekadar bertanya atau ingin membeli:

  • Gēmu (ゲーム) adalah dari kata “game” itu sendiri atau disebut juga konpyūtaa gēmu (コンピューターゲーム) dari kata “computer game”. Kata lain adalah terebi gēmu (テレビゲーム) dari kata “television game” yang berarti mesin game tersebut harus dicolok ke televisi baru bisa dimainkan (TV game) dan jelas berbeda dengan jenis portabel. Perlu dirinci lagi apakah yang dimaksud mesinnya atau kasetnya. Akan dijelaskan di bawah.
  • Konsōru (コンソール) adalah dari kata “console” atau mesin video game, baik yang musti dicolok ke TV atau portabel. Ada beberapa macam console video game dan bukan sekadar nama Nintendo, Sega, Sony dan sebagainya. Berikut daftar console yang sekiranya masih ada di toko-toko Jepang mulai dari yang terbaru hingga yang paling tua umurnya sepengetahuan penulis:
Nama console internasional/
bahasa Inggris
Dalam bahasa Jepang Jenis Console
Nintendo Switch (2017) Nintendō Suitchi (ニンテンドースイッチ) Hybrid
Microsoft Xbox One (2014) Ekkusubokkusu Wan (エックスボックス ワン) TV game
Sony Playstation 4 (2014),
Sony Playstation 4 Pro (2016)
Pureisutēshon Fō (プレイステーションフォー), Puro (プロ) TV game
Nintendo Wii U (2012) Wī Ū (ウィー ユー) TV game
Sony Playstation Vita (2011) Pureisutēshon Vīta (プレイステーション・ヴィータ) portabel
Nintendo 3DS (2011) Nintendō Surī Dī Esu (ニンテンドー3DS) portabel
Sony Playstation Portable Go/PSP Go (2009) Pureisutēshon Pōtaburu Go (プレイステーション・ポータブル Go)atau Pīesupī Go(ピーエスピーGo) portabel
Sony Playstation 3 (2006) Pureisutēshon Surī (プレイステーション 3) TV game
Nintendo Wii (2006) Wī (ウィー ) TV game
Microsoft Xbox 360 (2005) Ekkusubokkusu Sanrokumaru (エックスボックス サンロクマル) TV game
Sony Playstation Portable/PSP (2004) Pureisutēshon Pōtaburu (プレイステーション・ポータブル )atau Pīesupī (ピーエスピー) portabel
Nintendo DS (2004),
Nintedo DSi (2008)
Nintendō Dī Esu (ニンテンドーDS), Nintendō Dī Esu Ai (ニンテンドーDSi) portabel
Microsoft Xbox (2001) Ekusubokusu (エックスボックス) TV game
Nintedo Game Boy Advance/GBA (2001) Gēmu Bōi Adobansu (ゲームボーイアドバンス) portabel
Nintendo Gamecube (2001) Nintendō Gēmukyūbu (ニンテンドーゲームキューブ) TV game
Sony Playstation 2 (2000) Pureisutēshon Tsū (プレイステーション2) TV game
Bandai Wonderswan & Color version (2000) Wandāsuwan (ワンダースワン) portabel
SNK Neo Geo Pocket Color (1999) Neo Geo Poketto Karā (ネオジオポケットカラー) portabel
SNK Neo Geo Pocket (1998) Neo Jio Poketto  (ネオジオポケット) portabel
Nintendo Game Boy Color (1998) Gēmu Bōi Karā (ゲームボーイカラー) portabel
Sega Dreamcast (1998) Dorīmukyasuto (ドリームキャスト ) TV game
Nintendo 64 (1996) Nintendō Rokujūyon (ニンテンドウ64) TV game
Nintendo Game Boy Pocket (1996) Gēmu Bōi Poketto (ゲームボーイポケット) portabel
Sony Playstation (1994) Pureisutēshon (プレイステーション) TV game
Sega Saturn (1994) Sega Satān (セガサターン) TV game
Sega Game Gear (1990) Gēmu Gia (ゲームギア) portabel
Super Nintendo (1990) Sūpā Famicon (スーパーファミコン) TV game
SNK Neo Geo (1990) Neo Jio (ネオジオ) TV game
Nintendo Game Boy (1989) Gēmu Bōi (ゲームボーイ) portabel
Sega Genesis (1988) Mega Doraibu (メガドライブ) TV game
Nintendo Entertainment System/NES (1986) Famikon (ファミコン) TV game

Penampakkan lain yang penulis lihat seperti gamewatch, portabel super lawas dan sebagainya tapi terlalu makan umur untuk di-cross check satu demi satu. Ampun.

  • Sofuto (ソフト) atau gēmusofuto (ゲームソフト) adalah istilah untuk kaset, CD, DVD game alias dari kata “software”. Cukup jelas. Tidak ada ini ya tidak bisa main.
  • Untuk aksesoris penulis pikir akan sangat spesifik dan akan menambah daftar panjang istilah, barangkali yang penting saat ini adalah beli console-nya dan mainkan game-nya dulu.
  • Baik console maupun software video game terbagi dalam beberapa region atau bersifat kedaerahan. Bila Anda ingin melihat atau membeli yang berbahasa Jepang, cukup jelas di bagian cover akan tertulis semua dalam bahasa Jepang. Apabila ingin mencari yang berbahasa Inggris, istilahnya adalah hokubeiban (北米版) atau cukup hokubei (北米), baik sofuto maupun konsōru. Game bahasa Inggris bisa berarti ditujukan untuk konsumen di Amerika Serikat (region 1) atau Eropa termasuk Inggris (region lain), sementara game bahasa Jepang untuk konsumen di Jepang (biasanya region 2). Penjelasan mengenai region akan sangat butuh ekspertise sendiri dan tidak dibahas di artikel ini.
  • Demikian pula karena sebagian besar referensi di sini merupakan toko yang menjual console dan game bekas, maka istilah untuk barang bekas adalah chūko (中古). Jangan sampai Anda tertukar membeli barang chūko yang mahal sehingga Anda mengira itu adalah barang atarashī (新しい) alias baru.
  • Setelah itu tambahkan standar bahasa Jepang sebisanya, seperti ~ ga arimasu ka? ~ ga aru ka? ~ ga ana tha? (Jepang Klaten ceritanya).

Artikel ini terutama membahas toko game bekas atau recycle shop alias risaikurushoppu (リサイクルショップ) dengan pertimbangan biasanya toko game bekas juga menjual game baru, kemudian rerata game baru harganya sama di mana-mana dan bisa diperoleh di beberapa tempat terkemuka seperti:

LABI Hiroshima
LABI Hiroshima (Sumber: Panoramio)
BIC CAMERA Hiroshima Ekimae (Sumber: Umaihiroshima.net)

Dan toko-toko tersebut sejauh ini tidak menjual game berbahasa Inggris atau game lawas. Walau demikian bahasa yang digunakan untuk mencari game dan membeli game sama saja seperti disebut di atas (kecuali ketika pembaca harus berbahasa Rusia, berarti pembaca sudah nyasar ke Vladivostok). Alternatif lain untuk membeli game bahasa Inggris untuk yang berat pantat adalah beli online di Rakuten (http://www.rakuten.co.jp/), Amazon (http://www.amazon.co.jp/), atau Trader (http://www.e-trader.jp/).

Ada beberapa trik terkait toko game besar yaitu Anda bisa meminta pembebasan pajak (tax exemption, 免税: menzei) dengan menunjukkan paspor Anda pada saat membayar. Tentu, hal ini ditujukan terutama untuk para pengunjung dengan visa short stay seperti turis. Maka dari itu, untuk para rekan pejuang tangguh di Jepang, banyak-banyaklah mengundang teman-teman untuk datang berkunjung ke Jepang supaya bisa “ikut belanja” dengan mereka untuk mengurangi harga yang harus dibayar ( ͡° ͜ʖ ͡°)

Kebanyakan toko game bersifat “one-stop station” yang artinya banyak barang-barang lain terkait hobi game dan hobi ajaib a la otaku (geek-nya Jepang), jadi selain menyediakan tempat menjual kebutuhan game juga ada tempat membeli trading card dan juga tempat bertarung para card trader. Abaikan saja dan jangan coba-coba memberikan kartu gaple kepada mereka. Selain itu sebagian besar toko ini juga memiliki corner khusus untuk barang-barang dewasa (CD, DVD game dan sebagainya). Atas nama keadilan dan kepatutan maka hal ini tidak akan dibahas dalam artikel ini.

Apapun yang terjadi, jangan kontak mata dengan mereka. Atau bertukar kartu. (Sumber: sangokushi-taisen-tcg.com)

Kemudian perlu diketahui juga bahwa di belahan Jepang manapun mungkin Anda melihat berbagai gedung besar yang tampak meriah yang tercantum nama-nama besar perusahaan game seperti Taito, Sega, Namco. Jangan tertipu untuk masuk ke dalam karena di dalam hanya berupa tempat permainan ketangkasan atau amusement center saja, macam pachinko, dingdong/arcade, dan sebagainya dan tidak menjual video game sama sekali. Kasihan.

Game Taito Station di Hondōri. Ini bukan tempat beli video game. (Sumber: WordPress)

Ya sudah, modal bahasa dan pengetahuan umum mengenai toko game sudah cukup, sekarang kita berburu game di Hiroshima City. Silakan juga klik link toko terkait untuk mengetahui lokasi persis toko sekaligus jam buka dan promo yang sedang berlangsung (dalam bahasa Jepang tentunya. Rasain).

Lepton Deshio (レプトン 出汐店)

Toko ini terletak tidak jauh dari Kasumi Campus Hiroshima University, dari gerbang utama menuju selatan hingga jalan besar (boulevard, dikenal dengan jalur 2/Ni-gōsen) kemudian masih di sisi jalan yang sama, menuju ke barat. Bagi yang bawa sepeda atau sepeda motor bisa parkir persis di depan toko dan sebelahnya terdapat parkir mobil berbayar. Tempatnya dekil dan menyerupai toko pecinan. Toko ini menjual berbagai console terbaru bekas dengan harga yang cukup bersaing dengan toko lain, terutama PSP warna-warni, PS3 dan PS4 (edisi Jepang) dan PS Vita WiFi model. Harga juga cukup bersaing untuk produk portabel Nintendo seperti Nintendo DS dan 3DS. Masih ditemukan juga beberapa console lawas seperti Super Famicom, Nintendo Gamecube dan N64. Yang unggul dari toko ini adalah terdapat satu rak besar khusus menjual kaset-kaset lawas (Famicom, Sega Megadrive, Super Famicom, Xbox, Playstation, N64) dengan harga jual antara 300 hingga 500¥. Buku-buku bocoran game (playthrough) berbahasa Jepang juga memiliki rak tersendiri. Variasi aksesoris tergolong unik dan mungkin tidak ditemukan di toko lain. Toko ini juga menjual game keluaran baru yang bekas dengan harga jual yang masih malu-malu turunnya. Sejauh ini penulis belum banyak menemukan game berbahasa Inggris sehingga toko ini lebih direkomendasikan bagi kolektor game baru atau lawas berbahasa Jepang. Game-game yang dijual terutama untuk produk Nintendo (Famicom, Super Famicom, Gamecube, N64, DS, 3DS), Sony (PS, PS2, PSP, PS3, PS Vita, PS4) dan Microsoft (Xbox, Xbox 360, Xbox One). Sayangnya, transaksi dengan kartu kredit tidak memungkinkan dan tidak ada sistem kartu poin untuk gerai ini.

(Sumber: lepton.ne.jp)
(Sumber: lepton.ne.jp)

Keterangan lebih lanjut: http://www.lepton.ne.jp/user_data/deshio.php

 

Sofmap Hondōri (ソフマップ広島店)
(Nama toko yang sama dengan artikel versi sebelumnya tetapi lokasi berubah)

Toko ini benar-benar mencolok mata begitu Anda turun dari trem di pemberhentian Hondōri. Tempat ini selain menjual console bekas dan game bekas juga menjual barang-barang elektronik lain (komputer, aksesoris komputer, USB memory, memory card, harddisk, iPad, iPhone, kamera), baru, bekas maupun barang KW tingkat atas. Barang-barang di sini disusun secara rapi dan beberapa barang bekas masih bergaransi toko (dan kadang masih bergaransi pabrik). Console lawas tidak dijual di sini tetapi masih bisa ditemukan game bekas PS dan PS2 murah dalam rak tersendiri. Game yang dijual terutama untuk produk Microsoft (PC, Xbox 360, Xbox One), Nintendo (DS, 3DS), Sony (PS, PS2, PSP, PS Vita, PS3, PS4). Bisa dibilang harga console dan game bekas di sini bersaing cukup ketat dengan Lepton Deshio. Hingga tulisan ini diturunkan, masih belum ditemukan game bekas bahasa Inggris di toko ini. Karena khusus menjual elektronik, toko ini tidak menyediakan buku-buku walktrough game. Banyak pilihan aksesoris game. Sebagaimana jaringan Sofmap/BIC CAMERA lainnya, transaksi dengan kartu poin maupun kartu kredit memungkinkan di tempat ini. Sayangnya, untuk urusan perparkiran sepeda, daerah sini sangat ketat jadi hati-hati buat Anda yang ingin menuju ke daerah Hondōri dengan sepeda karena pencidukan parkir sepeda liar mengancam Anda.

Hondōri Sofmap (Sumber: Keizai.biz)

Keterangan lebih lanjut: http://www.sofmap.com/tenpo/topics/exec/_/id=shop/-/sid=hiroshima

Futabatosho Giga (フタバ図書ギガ広島駅前店)

Toko dengan penampilan heboh ini terletak di sebelah timur stasiun Hiroshima. Selain menjual game di lantai 4, lantai 1 hingga 3 digunakan untuk buku, majalah, CD dan DVD film maupun musik. Toko ini lebih lengkap dibanding Lepton dan Sofmap untuk ukuran toko game bekas selain juga jelas menjual game baru. Game-game yang dijual terutama untuk produk Nintendo (Game Boy, Game Boy Advance, Famicom, Super Famicom, Gamecube, N64, DS, 3DS), Microsoft (Xbox 360, Xbox One) dan Sony (PS, PS2, PSP, PS Vita, PS3, PS4). Kalau penulis tidak salah, bisa ditemukan juga produk Sega, Neo Geo dan Wonderswan di sini. Tetapi masih belum ditemukan game berbahasa Inggris di sini dan harga barang bekas sepertinya kurang bersaing. Variasi aksesoris standar dalam harga sewajarnya. Buku walkthrough game di sini lebih banyak dibanding yang ada di Lepton Deshio maupun Bookoff Deshio. Jangan tertipu juga bahwa di sini ada amusement center; ingat bahwa di bagian situ tidak menjual game! Parkir sepeda dan sepeda motor resmi agak sulit ditemukan, namun banyak parkiran tidak resmi yang berada di bawah ancaman cidukan. Transaksi dengan kartu kredit memungkinkan.

Futabasho Giga (Sumber: hatena.ne.jp)

Keterangan lebih lanjut: http://www.futababooks.com/store/detail/store/5

Bookoff Super Bazaar Otemachi (広島大手町)

Toko ini memiliki baliho yang terpampang besar tepat (gak tepat-tepat juga sih) di pinggir jalan pemberhentian trem Fukuromachi (setelah Hondōri). Toko ini besar, jauh lebih besar dibanding Bookoff Deshio, dan penuh dengan berbagai barang bekas, jam tangan, CD, DVD film dan musik bekas, pakaian (sangat direkomendasikan), console dan game bekas. Sayangnya untuk urusan game, toko ini tidak unggul. Kadang variasi console bekas yang dijual harganya sangat bersaing dengan Lepton Deshio tetapi tidak selalu ada. Game bekas dan lawas yang ada di sini juga standar, seperti Nintendo (Game Boy, Game Boy Advance, Famicom, Super Famicom, N64, DS, 3DS) dan Sony (PS, PS2, PSP, PS3, PS4). Dan karena tidak terlalu fokus ke game, toko ini menjual aksesoris game secara terbatas. Secara umum penulis kurang rekomendasikan untuk berkunjung ke sini dalam urusan game tetapi untuk urusan pakaian sangat direkomendasikan (itu lain cerita ya). Belanja dengan kartu poin dan kartu kredit memungkinkan. Rekan penulis beberapa kali terjaring sepedanya karena parkir liar di depan toko ini jadi sebaiknya bila mau datang ke sini, naik trem saja.

(Sumber: hatena.ne.jp)

Keterangan lebih lanjut: http://www.bookoff.co.jp/shop/shop71005.html

Demikian, semoga artikel ini membantu pembaca yang sedang atau hendak berkunjung ke Hiroshima City untuk mencari game dan sebangsanya. Apabila dalam pengalaman pembaca menemukan toko yang layak untuk di-share atau memiliki pengalaman unik terkait toko-toko di atas (it’s Japan, baby!!), silakan berkomentar di bawah.

Oleh Irandi Putra Pratomo

http://about.me/irandi

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *