Rasa terima kasih dan kesan baik

uploadversion

Beberapa minggu yang lalu, seorang mahasiswa Indonesia dihubungi oleh pihak Student Service yang mengabarkan bahwa ada orang Jepang yang ingin memberikan sesuatu kepada masyarakat Indonesia. Ketika berita tersebut diberitahukan kepada kami, kami cukup terkejut, lebih tepatnya sangat tersentuh dengan niat baik Jepang tersebut. Ternyata keinginan orang Jepang tersebut didasari rasa balas budi orang Jepang kepada orang Indonesia yang pernah membantu keluarganya dulu.

20 tahun yang lalu, Rudy Hasanuddin, mahasiswa Indonesia di Hiroshima University, menjadi tutor untuk salah satu anggota keluarga Jepang. Pak Rudy pun kembali ke Indonesia.  Berdasarkan surat tersebut, dikatakan kemungkinan Pak Rudy sudah meninggal dunia karena suatu penyakit. 20 tahun bukan waktu yang panjang untuk mengikis kenangan baik yang ditinggalkan Pak Budi. Keluarga Jepang itu pun ingin menunjukkan rasa terima kasih dan penghargaan atas jasa Pak Rudy melalui mahasiswa-mahasiswa yang ada di Hiroshima University sekarang.

Keluarga Jepang tersebut ingin memberikan sesuatu (contohnya TV). Namun apakah rekan-rekan PPIH punya usulan barang yang bisa bermanfaat untuk kita semua?

Apa yang telah dilakukan Pak Rudy adalah contoh baik dalam membangun jalinan hubungan baik dan erat antara masyarakat Jepang dan Indonesia. Semoga kisah ini bisa jadi inspirasi buat kita semua untuk meninggalkan kesan serupa sebelum kita kembali ke tanah air.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *