Juru kunci Homepage

Latar belakang

Berawal dengan adanya persaingan secara global dalam bidang informasi, PPIHiro tidak mau ketinggalan dengan negara-negara yang lain. Maka diputuskan untuk membuat satu media yang murah dan bisa dilihat oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Pilihan itu jatuh kepada homepage yang sesuai dengan kriteria diatas. Proses pemilihan homepage ini berlangsung cukup lama dan menguras pikiran. Homepage akhirnya terpilih setelah mengalahkan pilihan lain seperti batu prasasti, daun lontar dan stensilan. Tim pemikir waktu itu diketuai oleh pak Laksana Tri Handoko, dan dianggotai oleh pak Laksana Tri Handoko dan pak Ignatius Wuled Lenggoro.
 
Kemudian dimulailah proses peletakan batu pertama oleh pak Handoko dan pak Wuled, kemudian dibangun diatas tanah ipc yang waktu itu menurut kabar baru dibuka. Pak handoko dan pak Wuled dengan gigihnya mendirikan bangunan homepage mulai dari fondasinya. Dan akhirnya berdirilah Homepage PPIHiro pada tanggal 1 Juni 1995. Dan berkibarlah homepage PPIHiro dengan segala atributnya.
 
Teknologi yang diterapkan oleh pak Handoko di bangunan Homepage waktu itu, merupakan teknologi muktahir, seperti misalnya teknologi java, javascrypt, frame dan lain-lain. Dengan segala kemoderan ini, PPIHiro HP mencapai masa kejayaanya.
 
Rupanya kejayaan tak bertahan lama, bersamaan dengan pulangnya pak Handoko ke negerinya, tanah di IPC juga hilang. Tapi AlhamduliLlaah …,
pak Handoko rupanya sudah memesan lahan di Geocities dan akhirnya di pindahkan ke tanah baru. Kejadian terjadi pada awal tahun 1998.
 
Kekuasaan atas kunci bangunan homepage, kemudian diserahkan kepada juru kunci yang baru yaitu pak Suryadi dan pak Adi. Pak Suryadi dengan setia merawat homepage yang sudah jadi ini. Mulai dari menyirami bunga-bunga member, mengelap dinding Media mini dan sebagainya. Selang beberapa saat, urukunci yang baru, pak Suryadi dan kawan-kawan mempunyai ide untuk membuat alamat baru semacam PO-Box. Karena alamat HP waktu itu sangat panjang dan sulit untuk dihapal, kecuali bagi yang nganggur. Maka mulailah meminjam kotak pos di http://welcome.to/ dan alamat HP menjadi http://welcome.to/ppihiro dan pak Suryadi jugalah yang merehabilitasi HP dengan penampilan baru yang ringkes.
 
Kembali kekuasaan atas kunci HP berganti tangan. Kali ini berpindah ke tangan pak Kaharuddin Djenod (red.: penulis … hik hik malu …). Tapi masih dibantu oleh jurukunci pak Suryadi. Kembali berdua ini melakukan perombakan dengan tujuan agar mendapatkan suasana baru, dan homepage yang ada lebih dinamik dan kecepatan akses yang cepat. Maka diputuskan untuk memakai teknologi SSI, CGI yang digabung dengan javascrypt dan shell scrypt. Untuk SSI, CGI ini sebagian adalah original dari Juru kunci dan sebagian lagi adalah dari freeware yang sudah dimodifikasi 25%-an. Selain itu, tanah di IPC berhasil direbut kembali dengan bantuan juragan Wuled yang mempunyai hubungan erat dengan orang IPC. Dan jadilah homepage yang anda kunjungi kali ini.

Dan mudah-mudahan homepage ini bisa berguna bagi semuanya … amin.
 
 

Higashi Hiroshima, 20 Mei 1999Juru kunci

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *